A.
Aplikasi Komputer dalam bidang seni
Pada masa awal
dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusia untuk melakukan
pekerjaannya. Seiring perkembangannya komputer saat ini sudah dapat melakukan
banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang
seni. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang manfaat komputer
dibidang seni.
Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni
antara lain :
1.
Seni Gambar.
2.
Seni Musik.
3.
Seni Film.
4.
Seni Pertunjukan
dan lain-lain.
B.
Aplikasi
Pengolah Citra.
Definisi Citra (image) = gambar
pada bidang 2 dimensi. Citra (ditinjau dari sudut pandang matematis) = fungsi
yang kontinu dari intensitas cahaya pada bidang 2 dimensi. Pengertian Pengolahan
Citra = memproses suatu citra sehingga menghasilkan citra yang sesuai dengan
keinginan kita atau kualitasnya menjadi lebih baik.
Corel
Painter
Program pencitraan sekarang tersedia
baik di Windows dan Macintosh. Desainer dapat menggunakan program untuk membuat
gambar yang terlihat alami dengan fitur freehand nya. Pengguna juga dapat
memilih beberapa efek seperti cat minyak dan cat air dan mencetak output dalam
kanvas atau kertas.
Corel Paint Shop Pro Photo
Ini merupakan program
pencitraan untuk mengedit bitmap grafis dan vektor mengedit grafis. Hak untuk
program awalnya dimiliki oleh Jasc Software Minneapolis. Hak untuk
mendistribusikan program ini sekarang milik Corel Corporation setelah dibeli
Jasc Software pada tahun 2004. Program, yang lebih dikenal sebagai Paint Shop
dan sebagai pesaing Adobe Photoshop, dapat didownload sebagai shareware. Adobe
Photoshop lebih populer dari program pencitraan karena pertama memiliki versi
untuk Microsoft dan Apple Macintosh.
Adobe Photoshop.
Program pencitraan dikembangkan
oleh Adobe Systems dan dianggap sebagai favorit pasar dalam hal mengedit
gambar, manipulasi gambar dan gambar bitmap. Versi terbaru Adobe Photoshop CS3
Extended yang dirilis hanya tahun ini. Ini adalah versi ketiga sejak Adobe
Photoshop berganti nama produk. Ia menawarkan alat-alat baru, filter
non-destruktif, 3D dan pencitraan ilmiah.
Corel Photo-Paint.
Program pencitraan dibundel dengan Corel Draw Graphics Suite. Hal ini dapat
membuat grafik dan memanipulasi gambar. Hal ini juga memungkinkan pengguna
untuk menghilangkan mata merah dalam foto. Program ini dapat didownload dari
situs Corel sebagai freeware.
Microsoft
Paint
Program
pencitraan yang digunakan dikenal sebagai Kuas untuk Windows dan dapat
ditemukan dibundel dengan Microsoft Windows. Pengguna dapat melakukan percobaan
dengan campuran warna program ini memungkinkan bersamaan mengambil tiga warna.
Ada banyak fungsi dimana pengguna dapat berlatih untuk meningkatkan
keahliannya.
1.
Bidang Perdagangan.
a. Pembacaan barcode
b. Pengenalan huruf/angka pada suatu
formulir secara otomatis
2.
Bidang Militer.
a. Mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual
b. Mengidentifikasi jenis pesawat musuh
3.
Bidang Kedokteran
a. Mammografi
b. Rekontruksi foto janin hasil USG
4.
Bidang Biologi
a. Pengenalan jenis kromosom melalui citra mikroskopik
5.
Komunikasi Data
a. Kompresi citra yang akan ditransmisikan
C.
Komputer Audio dan
Musik.
Dahulu untuk memainkan musik atau merekam musik harus menggunakan alat
dengan pita sebagai media pemutaran dan perekaman, dalam proses pembuatannya
sangatlah boros dan menghasilkan suara yg live, dan tidak
adanya noise reductionuntuk menghilangkan suara bising. Saat ini
dengan adanya kemajuan komputer kita dapat memutar lagu atau musik dengan mudah
dan kualitas suara yang bagus berkat adanya proses rekaman dengan menggunakan
sistem komputer atau digital.
Dengan menggunakan perangkat komputer dan berbagai
software penunjang kita dapat melakukan perekaman, pengeditan lagu, mixing serta
pemutaran lagu dengan sangat mudah dan canggih dengan menggunakan berbagai plugin seperti noise
reduction, streo reverbs dan lain-lain yang pada jaman
dahulu tidak biasa dilakukan denga alat, harus disetting manual.
Ada dua kategori software yang digunakan untuk
menunjang musik, yaitu:
a) Software
Music Player.
b) Software
Music Recording (Maker).
Berikut ini adalah beberapa software music player,
yaitu:
·
Winamp.
·
Gom Player.
·
Windows Media Player.
·
JetAudio
Berikut ini adalah beberapa software music maker,
yaitu:
§ Steinberg
Nuendo.
§ Protools.
§ Sonar.
§ Adobe
Audition.
§ Cubase SX
D.
Multimedia dan Internet.
Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan
menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia
sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh
dunia game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.
Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam
kelas maupun secara individual. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai
media profile perusahaan, profile produk, bahkan sebagai media kios informasi
dan pelatihan dalam system e-learning.
Elemen-elemen dalam multimedia :
Berikut
sekilas mengenai seni yang berhubungan dengan multimedia :
1.
Teks
Teks adalah salah satu elemen dari
multimedia yang sangat membantu dalam memperjelas informasi untuk konsumen.
Pada teks ini terdapat berbagai macam karakter yang disediakan dan pemakaianya
tergantung dari iklan atau tema yang diangkat
2. Gambar
a)
Fotografi
Dengan menggunakan software komputer kita dapat
mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan gambar atau menambahkan
gambar baru ke dalam sebuah gambar. Hal ini dapat membuat hasil foto dari
kamera dapat menjadi lebih hidup dan indah. Dengan software editing kita bisa
merubah pencahayaan, sudut datang cahaya atau bahkan warna. Hal ini karena
dalam program tersebut disediakan banyak plugin yang menunjang.
b)
Disain Grafis
Dalam
penggunaannya di dalam proses perancangan grafis, komputer yang berbasiskan
teknologi digital menawarkan berbagai kemudahan, kecepatan, keleluasaan dalam
menghasilkan suatu gagasan-gagasan visual. Komputer telah menciptakan suatu
ruang bermain dan berkreasi bagi para perancang seluas-luasnya, banyak hal-hal
baru yang sebelumnya tidak memungkinkan untuk dilakukan dengan teknik manual,
saat ini menjadi suatu kenyataan bahkan suatu yang tidak terpikirkan
sebelumnya. Komputer grafis telah banyak memberikan pengaruh, tidak hanya
terhadap tampilan karya produk cetakan tetapi juga pada proses produksi dan
proses kreasi bagi perancang grafis.
Berikut adalah beberapa
perangkat lunak yang dapat digunakan untuk disain grafis:
a. Design
Grafis
· Adobe
Photoshop
· Adobe
Illustrator
· Adobe
Indesign
· Page
Maker
· Coreldraw
· GIMP
· Inkscape
· Adobe
Freehand
· Adobe
image ready
· CorelDraw
3. Audio
Suara adalah suatu media unik bila dibandingkan dengan
media lain yang menjadi elemen multimedia. Bila bekerja dengan menggunakan
suara dalam multimedia, sudah pasti akan ditemui suara yang diubah dalam bentuk
digital. Adanya penggunaan suara dalam aplikasi multimedia akan menambah daya
tarik bagi user karena informasi yang ditampilkan akan menjadi lebih nyata dan
menyenangkan
4. Animasi
Animasi merupakan kumpulan gambar yang memiliki alur
cerita gambar yang berbeda-beda untuk setiap frame-nya yang ditampilkan secara
bergantian sehingga akan terlihat bergerak. Animasi dibuat khusus untuk
mendukung konsep ilustrasi yang mengharuskan adegan gambar yang bergerak.
Proses animasi adalah menampilkan gambar demi gambar dalam satuan waktu,
b. Webdesign
· Macromedia Dreamweaver
· Microsoft Frontpage
· Notepad
· Adobe Photoshop
c. Audiovisual
· Adobe After Effect
· Adobe Premier
· Final Cut
· Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia
Flash
d. Rendering 3
Dimensi
· 3D StudioMax
· Maya
· AutoCad
· Google SketchUp
· Blender
5. Video
Video menyediakan sumber yang kaya dan hidup untuk
aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan hal-hal yang sulit
digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan dapat menggambarkan emosi dan
psikologi manusia secara lebih jelas
Internet.
Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara harfiah ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite
(TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.
Ø Sejarah Internet
Internet
merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana
dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Tujuan awal dibangunnya
proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada mulanya ARPANET hanya
menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of
California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu
jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada
bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh
daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga
membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua,
yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru
yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.
Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang
kemudian disederhanakan menjadi Internet.
Ø Budaya Internet
Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin
berkembang, telah mewujudkan budaya Internet. Internet juga mempunyai pengaruh
yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia
mempunyai akses Internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibanding
dengan buku dan perpustakaan, Internet melambangkan
penyebaran(decentralization) / pengetahuan (knowledge) informasi dan data
secara ekstrem.
Perkembangan Internet juga telah memengaruhi
perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa
dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon),
kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui
Internet ini dikenal dengan nama e-commerce.
Terkait dengan pemerintahan, Internet juga
memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti
di kabupaten Sragen yang mana ternyata berhasil memberikan peningkatan
pemasukan daerah dengan memanfaatkan Internet untuk transparansi pengelolaan
dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga di daerah
terebut sangat di untungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula di
tingkatkan kesejahterannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.
Ø Tata tertib Internet
Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet
juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau
dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket. Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet
juga diberlakukan peraturan (UU ITE).
Ø Akses Internet
Negara dengan akses
Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada
penduduknya mempunyai akses jalurlebar - Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk
akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar. Di Indonesia, seperti
negara berkembang dimana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi
dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia
operator kurang adil dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator
yang sengaja membuat "jebakan" agar pengguna Internet tersebut
membayar lebih mahal. Lainnya sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas
Public Internet Access seperti warnet , cybercafe, hotspot
dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di
kampus dan di kantor.
Disamping menggunakan PC
(Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP)
menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS
merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki
kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan
multimedia). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut.
Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya
akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.
Ø Bagian-bagian dari Internet
:
1. Gateway : Adalah sebuah perangkat komputer yang digunakan untuk
menghubungkan suatu komputer dengan jaringan komputer yang menggunakan protokol
komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan komputer dapat
diberikan kepada jaringan komputer yang lain dari protokol yang berbeda.
2. WWW
(World Wide Web) : Sebuah sistem
yang saling terkait dalam sebuah dokumen berformat hypertext yang berisi
berbagai informasi, baik tulisan, gambar, suara, video dan informasi multimedia
yang dapat diakses melalui sebuah perangkat yang disebut web browser.
3. Protokol
: Adalah suatu aturan yang
digunakan untuk mengatur jalannya komunikasi data antara beberapa komputer yang
berada disuatu jaringan.
4. URL
(Uniform Resouce Locator) : Adalah
rangkaian karakter yang digunakan untuk menunjukkan alamat
suatu sumber seperti dokumen dan gambar diinternet.
5. Homepage : Halaman
muka dari sebuah situs web
6. TCP/IP : Singkatan
dari Transmission Control Protokol/Internet Protokol) adalah standar komunikasi
data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data
dari satu computer ke computer lain dalam jaringan Internet.
E.
ISYU DAN MASALAH :
Di
jaman yang serba modern ini berbagai teknologi mengalami perkembangan yang
semakit pesat, terutama dalam bidang seni, yaitu dalam bidang perfilman, musik,
fotografi baik itu design grafis. Pada jaman dulu sebelum diterapkan komputer
dalam bidang seni,banyak masalah yang muncul, contoh sederhananya saja bila
kita mencetak foto digital kita menggunakan komputer, dulu mungkin kita hanya
bisa menggambar lewat kertas, selain itu hasil foto yang tercetak tidak dapat
kita edit, baik dalam pencahayaannya, atau tampilan yang dihasilkan kurang
menarik sehingga hasil yang diinginkan kurang maksimal.
Untuk
mendokumentasikan peristiwa yang penting kita bisa mendokumentasikanya, kita
lihat pada jaman dulu banyak peristiwa penting seperti perang dunia,perang
salib, bencana besar yang terjadi hanya bisa kita baca dari buku,karena tidak
adanya alat untuk mendokumentasikan peristiwa tersebut. Dahulu perfilm hanya
menampilan film film yang bermutu atau film film yang mampu mendidik para generasi
muda, namun saat ini banyak film yang tidak baik dan tidak mendidik para
generasi muda saat ini. Banyak pula kasus pembajakan dalam pembuatan atau
perekaman suatu film yang saat ini masih banyak terjadi khususnya di Indonesia.
Dahulu
untuk memainkan musik atau merekam musik harus menggunakan alat dengan piring
hitam atau pita sebagai media pemutaran dan perekaman, sehingga jarang terjadi
kasus pembajakan yang marak terjadi terhadap musik dan dalam proses
pembuatannya menggunakan pita sangatlah boros dan menghasilkan suara yang live
dan tidak adanya noise reduction untuk menghilangkan suara bising.
Di bidang
desain grafis, sebelum adanya software yang dapat mempermudah penggunanya,
biasanya mereka mendesainya secara manual, yaitu goresan tangan. Dan jika
terjadi kesalahan pada gambar maka mereka harus mengulangnya dari awal,
sehingga menghabiskan waktu serta tenaga.
Apakah Masalah yang
sebelumnya ada menjadi tuntas?
Menurut
kelompok kami, Masalah yang di hadapi dapat teratasi, contohnya :
·
Di bidang Photografi, yakni dengan menggunakan software komputer
kita dapat mengedit foto dengan efek yang kita mau, menghilangkan
gambar atau menambahkan gambar baru kedalam sebuah gambar. Hal ini dapat
membuat hasil foto dari kamera dapat menjadi lebih hidup dan lebih indah.
·
Di bidang musik, yakin dengan menggunakan perangkat komputer dan
berbagai software penunjang kita dapat melakukan perekaman, pengeditan lagu,
mixing serta pemutaran lagu dengan sangat mudah dan canggih.
·
Di bidang film, yakni dengan software-software tersebut kami rasa
cukup untuk mengedit video. tinggal dituntut kesabaran dan kreatifitas dalam
menyusun potongan-potongan video sehingga menjadi sebuah karya yang bagus.
·
Untuk penyelesaian masalah pembajakan baik itu film, music atau
lainnya yaitu : Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan permasalah yang
terjadi mengenai pembajakan ini. Seharusnya jika kedapatan sekelompok atau
perorangan yang melakukan pembajakan harus di tidak lanjuti atau di beri sanksi
atau hukuman. Karena tidak hanya merugikan pihak lain tetapi juga merugikan
pembuat film, music atau seni lainnya.
Penggunaan
Komputer dalam Seni pasti selalu ada sisi positif dan sisi negatifnya, yaitu :
Dampak Positif :
a)
Memudahkan user dalam menciptakan sebuah karya seni yang
berkualitas.
b)
Pekerjaaan dapat dikerjakan lebih mudah dan praktis.
c)
Waktu yang digunakan lebih cepat (Efisien waktu)
¨ ¨
Dampak Negatif :
a) Maraknya Pembajakan.
b) Maraknya Pencurian Hak
Cipta.
c) Mengurangi Kreatifitas
Alami.
d) Maraknya Peredaran film
yang menyimpang