Kamis, 09 Mei 2013

Kesenian dan Kebudayaan Inggris


Kesenian dan Kebudayaan Inggris





Inggris adalah sebuah negara yang berada di Benua Eropa dan beribu kotakan London. Negara ini merupakan salah satu negara maju yang ada di dunia. Negara ini maju baik di bidang pariwisata, pendidikan serta ekomoni. Dan bentuk pemerintahan negara ini adalah kerajaan dengan sistem konstitusional dan perlementer. Sama seperti Indonesia, Inggris pun memiliki kesenian dan kebudayaan yang khas dan unik dari negara tersebut.
Sejak abad ke-19, Inggris sudah menjadi negara industri pertama di dunia dan menjadi negara terkemuka berkat kemakmuran ekonomi dan sosialnya. Sampai sekarang pun negara ini memiliki kekuatan ekonomi serta politik yang berpengaruh di dunia. Kali ini saya akan mencoba untuk membuat dan menjelaskan beberapa kesenian dan kebudayaan yang ada di Negara inggris



Kebudayaan dan Kesenian Inggris :
            Berikut beberapa kesenian dan kebudayaan yang ada di Inggris :

Bahasa
Bahasa Inggris adalah bahasa yang berasal dari Inggris dimana bahasa ini merupakan bahasa yang mendunia, bisa di bilang bahasa ini yang digunakan untuk berkomunikasi anatar warga negara pada umumnya. Bahasa ini berawal dari kombinasi antara beberapa bahasa lokal yang dipakai oleh orang-orang Norwegia, Denmark, dan Anglo-Saxon dari abad ke-6 sampai 10


Tarian
Morris Dancing adalah salah satu tarian tradisional masyarakat Inggris yang biasanya diiringi dengan musik. Tarian Morris menekankan pada kelincahan dan kekuatan kaki. Tarian Morris dilakukan secara berkelompok. Para penarinya ada yang membawa tongkat, pedang dan sapu tangan sebagai pelengkap tarian. Walaupun menari secara berkelompok dan berdekatan, bagi para penari Morris hal tersebut tidak membuat mereka khawatir terluka.


Budaya Antari
Masyarakat Inggris yang multikultural memilik kebiasaan mengantri untuk melakukan dan mendapatkan sesuatu. Masyarakat menganggap oarang yang tidak mau mengantri adalah orang yang egois dan tidak memperdulikan orang yang ada disekitarnya. Budaya antri ini sudah seperti nilai dan norma yan berlaku di masyarakat.



Straw Bear
Straw Bear adalah hari beruang jerami yang merupakan tradisi tertua yang biasa di lakukan pada tanggal 7 januari. Tradisi ini dipercaya untuk mengawali masa bertani dan berladang. Para peserta baik pria dewasa maupun remaja, menggunakan kostum jerami mulai dari kaki hingga kepala. Dan mereka berjalan mengetuk pintu rumah yang satu ke rumah lainnya sambil menari. Para penari akan memperoleh hadiah dari para pemilik rumah sebagai imbalannya. Baik berupa makanan, bir ataupun uang.



Budaya saat Makan
Paada saat makan posisi duduk harus tegak, saat makan tidak boleh bertanya dengan gembira atau terus menerus bicara dengan orang. Setiap orang tidak boleh meninggalkan sendok di atas mangkok sup atau di gelas kopi. Sendok harus ditinggalkan di atas piring nasinya dan untuk sendok teh harus diletakkan di atas tatakan gelas. Saat minum sup tidak boleh menimbulkan suara dan tidak boleh meminum sup sampai habis. Tidak boleh merokok saat masih duduk di tempat makan. Selesai makan para pria membantu wanita memundurkan kursinya supaya bisa berdiri.



Pearly Kings and Queen
Pearly Kings and Queen dikenal juga dengan Pearlies sebuah acara amal yang biasa diadakan oleh masyarakat kelas buruh dan pekerja. Dan sudah menjadi sebuah budaya masyarakat menengah Kota London. Para peserta Pearly Kings dan Queens memakai busana berkilauan yang berasal dari kancing mutiara (pearl) yang dibuat pada abad ke-19.



Budaya Bertamu
Saat bertamu di Inggris ada beberpa hal yang harus di perhatikan seperti :
Kapan harus tiba di tempat undangan. Jika bukan menyangkut urusan formal, datang lebih awal. Pengundang masih sedang melakukan persiapan dan kamu tiba lebih duu akan membuatnya keki. Paling pas untuk urusan tidak formal adalah telat 10 menit. Jika telat sampai 30 menit harus mita maaf. Itu menunjukkan tanda sopan saat bertamu
Kapan harus meninggalkan tempat acara. Untuk ini tidak ada aturan khusus, tapi berlama-lama di tempat orang adalah hal yang tidak sopan. Lebih bagus meninggalkan tempat 1 jam setelah jamuan makan. Selain itu di hari kedua setelah acara harus mengirimkan pesan terimakasih dengan disertakan hadiah kecil seperti bunga atau coklat.


Worm Chramping
Worm Chramping adalah salah satu tradisi unik yang ada di Inggris, tradisi ini adalah tradisi menangkap cacing tanah. Setiap peserta hanya memiliki wilayah perburuan seluas 3 x 3 m2 saja. Diperbolehkan memainkan musik apa saja untuk memikat atau memancing cacing agar keluar dari tanah, tapi tidak diperbolehkan menggunakan obat-obatan termasuk air.






Sudah di jelaskan beberapa kesenian dan kebudayaan yang ada di Inggris. Masih banyak lagi kesenian dan kebudayaan yang dimiliki oleh negara ini. Dengan mengetahui kesenian dan kebudayaan negara lain membuat kita tahu tentang ilmu baru dan mengetahui apa perbedaan budaya luar dengan budaya yang dimilik negara kita yaitu Indonesia. Dan kita bisa meniru budaya mengantri dari masyarakat Inggris yang sangat menjunjung nilai dan norma mengantri. Namun budaya Indonesia tidak kalah dengan budaya yang ada di luar negri, dan sebagai mahasiswa penerus bangsa, kita boleh mempelajari kebudayaan yang ada di negara lain namun tetap tidak melupakan budaya yang ada di negara sendiri yaitu Indonesia dan tetap mencintai budaya dalam negri.







15 comments:

  1. Terima kasih atas tambahan referensinya : )

    BalasHapus
  2. Adakah obat pengurang tugas???
    H-3 UTS tugas malah bertambah banyak

    BalasHapus
  3. Tiang Antrian Murah berkata : Budaya antrinya tuh yang cocok untuk dipraktekan di Indonesia, supaya ga terjadi lagi kericuhan saat pembagian sembako atau pembagian BLT

    BalasHapus
  4. JakaWoodworking.blogspot.com
    4sekawantkj2.blogspot.co.id

    BalasHapus
  5. budayanya sangat ketat sekali. kalau di Indonesia sendiri bertamu lama-lama menandakan rasa kangen.

    BalasHapus