Salah Satu Jenis Pengumpulan Data
Angket (Kuesionare)
Angket adalah daftar pertanyaan yang diberikan kepada
responden untuk menggali data sesuai dengan permasalahan penelitian. Menurut
Masri Singarimbum, pada penelitian survai, penggunaan angket merupakan hal yang
paling pokok untuk pengumpulan data di lapangan. Hasil kuesioner inilah yang
akan diangkakan (kuantifikasi), disusun tabel-tabel dan dianalisa secara
statistik untuk menarik kesimpulan penelitian.
Tujuan pokok pembuatan kuesioner adalah
·
Untuk memperoleh informasi yang relevan dengan masalah
dan tujuan penelitian, dan
·
Untuk memperoleh informasi dengan reliabel dan validitas
yang tinggi. Hal yang perlu diperhatikan oleh peneliti dalam menyusun
kuesioner, pertanyaan-pertanyaan yang disusun harus sesuai dengan hipotesa dan
tujuan penelitian.
Menurut Suharsimi Arikunto, sebelum kuesioner disusun
memperhatikan prosedur sebagai berikut:
·
Merumuskan tujuan yang akan dicapai dengan kuesioner.
·
Mengidentifikasikan variabel yang akan dijadikan sasaran
kuesioner.
·
Menjabarkan setiap variabel menjadi sub-sub variabel yang
lebih spesifik dan tunggal.
·
Menentukan jenis data yang akan dikumpulkan, sekaligus
unit analisisnya.
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam penyusunan
kuesioner, antara lain:
·
Pertanyaan-pertanyaan yang disusun dalam kuesioner juga
harus sesuai dengan variebel-veriabel penelitian, yang biasanya sudah
didefinisikan dalam definisi operasional, yang mengandung indikator-indikator
penelitian sesuai dengan permasalahan penelitian.
·
Tiap pertanyaan dalam kuesiner adalah bagian dari
penjabaran definisi operasional, sehingga dapat dianalisa dengan tepat untuk
menjawab permasalahan penelitian.
Dalam kusioner, pertanyaan-pertanyaan yang diajaukan
biasanya pertanyaan mengenai hal-hal sebagai berikut:
·
Pertanyaan tentang fakta. Misalnya umur, pendidikan,
status dan agama
·
Pertanyaan tentang pendapat dan sikap, yang menyangkut
masalah perasaan dan sikap respondsen tentang sesuatu
·
Pertanyaan tentang informasi. Pertanyaan yang menyangkut
apa yang diketahui oleh responden
·
Pertanyaan tentang persepsi diri. Responden menilai
perilakunya diri dalam hubungannya dengan orang lain.
Ditinjau dari segi cara pemakain kuesioner, ada beberapa
cara yang bisa dilakukan oleh peneliti, antara lain:
·
Kuesioner digunakan dalam wawancara tatap muka
dengan responden
·
Kuesioner diisi sendiri oleh responden
·
Wawancara melalui telepon
·
Kuesioner dikirim melalui pos.
Bagaimana merumuskan/menyusun angket?, ada beberapa hal
yang perlu diperhatikan, antara lain:
·
Pakailah bahasa yang sederhana yang dapat dipahami oleh
responden.
·
Pakailah kalimat yang pendek yang mudah difahami.
·
Jangan terlampau cepat menganggap bahwa responden telah
memiliki pengetahuan atau pengalaman tentang masalah penelitian.Lindungi harga
diri responden.
·
Bila ingin menanyakan suatu perasaan atau tanggapan yang
menyenangkan atau tidak menyenangkan, tanyakan terlebih dahulu hal-hal yang
menyenangkan.
·
Pertimbangkan pertanyaan bersifat langsung atau tidak
langsung.
·
Tentukan pertanyaan terbuka atau tertutup.
·
Masukkan hanya satu buah pikiran dalam tiap pertanyaan.
·
Rumusan pertanyaan jangan sampai memalukan responden.
(lihat, Nasution, 2006:135-137)
Contoh Angket
·
Angket Terbuka, yaitu angket dimana responden diberi
kebebasan untuk menjawab
Contoh:
Metode apa yang
digunakan oleh Bapak/ibu dalam
pengajaran PAI dikelas?
a......................
b......................
c......................
d......................
·
Angket Tertutup, apabila jawaban pertanyaan sudah
disediakan oleh peneliti.
Contoh:
Apakah Bapak/Ibu
senantiasa memeriksa hasil pekerjaan anak dikelas?
a. Selau
b. Sering
c. Jarang sekali
·
Angket semi terbuka, yaitu jawaban pertanyaan sudah
diberikan oleh peneliti, tetapi diberi kesempatan untuk menjawab sesuai kemauan
responden
Contoh:
Apa metode yang
Bapak?Ibu gunakan dalam pengajaran PAI
a. Diskusi
b. Ceramah
c. ............
·
Berdasar dari terbentuknya
o
Pilihan ganda
Contoh, seperti pada angket tertutup
o
Isian
Contoh seperti pada angket terbuka
o
Chek list
Contoh :
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
|
1
|
Sebelum pelajaran dimulai diadakan absensi terhadap siswa
|
Ya
|
Tidak
|
o
Rating Skala
Contoh :
No
|
Item
Pertanyaan
|
Alternatif Jawaban
|
||||
Dimesi Kesadaran Diri
|
STS
|
TS
|
N
|
S
|
SS
|
|
1
|
Percaya
diri bahwa saya merupakan orang yang memiliki kreatifitas dan mampu dalam
melaksanakan tugas
|
|
|
|
|
|
2
|
Mengakui
kekuatan dan kelemahan diri
|
|
|
|
|
|
3
|
Memikul
tugas dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
|
Sumber :
http://raachmaa.blogspot.com/2014/04/pengertian-dan-jenis-jenis-data-metode.html
https://teorionline.wordpress.com/service/metode-pengumpulan-data/
0 comments:
Posting Komentar