Minggu, 01 Juli 2012

Digigit Serangga!!!:(



Hallo gaiiyss!
Ketemu lagi bersama khanty dalam acara yang sangat di nanti nanti dan di minati banyak penonton ini dimana lagi kalau bukan syubidu blogspot khantydwi......... *Horeeeetimpukbatu*

Ok kali ini gue mau sharing tetang serangga jahanammmmm!! yang udah gigit gue sampai meninggalkanbekas amat sangat mendalam *huwalebayy*
Awalnya gue ga tau kenapa tiba-tiba pas bangun tidur gue ngerasa gatel, terus gue liat tangan gue udah bintik bintik merah. Awalnya gue pikir itu cuma bentol biasa, bekas gigitan nyamuk, sooo gue nyantai aja. Tapi kok bentolnya ga ilang-ilang yaa, terus setelah 2 hari itu bintik makin banyak aja ya?? akhirnya gue sama mama mutusin untuk pergi kerumah sakit. Dan ketika di rumah sakit, si dokter bilang kalau gue itu kena gigitan serangga. Loh??? serangga dari mana?? Kok bisa?? Kapan serangganya masuk?? Lewat mana serangganya masuk?? Jam berapa serangganya masuk?? Naik apa serangganya masukk?? Pertanyaan dan ada di otak dan pikiran gue saat gue tau gue digigit serangga. Setelah berobat beberapa hari, kok makin hari makin banyak aja itu bintik merah di tangan gue??? Gue bingung-__-. Dan tanpa basa-basi gue ambil keputusan untuk bongkar semua kamar gue, gue angkat kasur sampe ke meja buku gue bongkar semua. Dan apa yang aku dapatkan???? YAAAAA.... seekor serangga!!!! kyatttttttttt...
Gue kasih unjuk tuh serangga ke nyokap sama bokap, kata bokap gue itu serangga yang sua menghisap darah!! APA???? jadi itu serangga udah ngambil darah gue tampa minta ijin sampe merah gini tangan gue??? ga sopan banget si itu serangga, ga pernah di sekolahin apa sama mama sama papanya dia haah?? *kesel*. Sangking keselnya tuh serangga gue matiin, dan kalian tau ga?? tuh serangga ngeluarin darah banyak bangettt bangett, dan kayanya itu darah gue deh-___- aaaaaa mama.....................


Ini serangganya
Ini gigitan di tangan gue


Karena sangking penasarannya gue sama tuh serangga ntu tuuuhh...
Gue mutusin cari infonya di mbah google dengan keyword *serangga penghisap darah* dan jerenjenggg.... Pas bangettt... itu serangga yang gue bunuh kemaren gara-gara dia udah ngisap darah gue sembarangan. Ternyata ucapan bokap gue itu bener men .... ga salah ucapan bokap gue......
Ini info yang gue dapet dari blog tetangga....


SERANGGA yang disebut kissing bugs (Triatoma) termasuk famili Reduviidae yang menjadi sumber penyabab penyakit kulit. Ia menyerang manusia pada malam hari  ketika mereka sedang nyenyak tidur dengan sengatan atau gigitannya menimbulkan luka atau bercak merah pada kulit.


Jenis serangga ini adalah penghisap darah. Meski sengatan atau gigitannya tidak menimbulkan suatu gejala tertentu, namun ada variasi dari kerusakan kulit yang ditimbulkan, bahkan dapat menyebabkan kematian akibat dari terjadinya anaphylaxis. Variasi dari kerusakan kulit akibat gigitan kissing bugs termasuk keracunan dalam diagnose penyakit. Karena dari ujud kelainan kulit yang trampak mirip dengan penyakit herpes zoster, erythema multiforme dan bahkan mirip seperti gigitan laba-laba.

Penghisap Darah
Dalamistilah klasifikasi serangga yang sebenarnya, kata ''bug'' artinya hanya untuk ordo atau golongan besar serangga (Hemiptera) yang memiliki krakteristik tertentu. Yakni pada bagian mulutnya memiliki penghisap. Kebanyakan Hemiptera yang sudah dikenal adalah pemakan tumbuh-tumbuihan, namun yang termasuk famili Reduviidae ini merupakan hewan predator atau serangga pemangsa dan serangga parasit yang merugikan.

Satu grup dari yang parasit tersebut termasuk golongan penghisap darah dengan golongan menyusui (mamalia) sebagai sasaran makannya. Mereka dikenal dalam bentuk macam-macam variasi hama seperti kissing bugs, Cone-nosed bug, Mexican bad bug dll yang semuanya dapat menyebabkan kelainan pada kulit. Serangga tersebut biasanya menyerang pada malam hari dan serangannya bereaksi dengan protein kelenjar ludah kissing bugs.

Punya Senjata Tajam
Kissing bugs memiliki permukaan punggung belakang yang rata, keras dan memiliki sungut yang panjang dan senjata tajam sebagai penusuk. Meski bagian mulutnya hanya dapat untuk menghisap sementara tidak hanya strukturnya saja yang memungkinkan untuk menggigit, namun bentuk luka pada kulit yang diserang seperti bekas gigitan serangga.

Ia dicurigai juga menyerang binatan piaraan dan liar yang berada di lingkungan tempat tinggal manusia. Sehingga dimungkinkan sekali kissing bugs ini atau jenis serangga Triatoma tersebut berada di perumahan-perumahan. Bahkan sangat mungkin berara di tempat tidur, karena sifatnya sebagai penghisap darah yang menyerang pada malam hari ketika orang-orang sedang tidur melalui permukaan kulit manusia tersebut.

Mereka tidak akan menyerang melalui lapisan baju. Secara khas, mereka menempatkan dirinya pada manusia yang sedang tidur telentang kemudian mulai menyerang dengan sungutnya hanya melalui kontak dengan tubuh manusia. Manusia yang pernah digigit KB ini menggambarkan bahwa gigitan Triatoma menyakitkan dengan meninggalkan sensasi gatal.

8-15 Menit
Dalam suatu penelitian di laboratorium, serangga ini menyerang selama 8-15 menit ke manusia sebelum berkembang biak dan gigitan berikutnya setelah tiga minggu. Gejala yang timbul pada manusia yang diserang di antaranya terjadi pruritus, edema dan erythema. Triatoma dapat menyebabkan beberapa luka sebagai akibat dari kontak dengan komposisi ludahnya yang berbahaya dan kematian akibat terjadi anaphylaxis.

Kebanyakan pada orang-orang yang tidur tidak menyadari saat kissing bugs ini mulai menusuk dan menghisap darahnya, meskipun orang-orang itu memiliki sensasi hipersensitiv. Reaksi alergi yang timbul terhadap kontak dengan sekret ludah kissing bugs merupakan penyebab yang potensial merugikan mereka yang digigit.

Kontak manusia dengan Triatoma harus diwaspadai sebagai tindakan lebih hati-hati dalam menjaga lingkungan sekitar rumah, karena serangga ini lebih sering menyusup berada di rumah secara berkelompok.



Di Tempat Tidur
Serangga ini sering ditemukan atau senang menempati di dalam dan sekitar tempat tidur, dalam kamar tidur atau di bawah bantalan sofa dan kasur kecil. Deteksi untuk mengontrol adanya serangga ini sangat mudah. Karena biasa ditemukan adanya bekas gigitan kecil dan agak gatal setelah bangun tidur pagi hari.
Kemudian sesegera mungkin mencari di tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas tadi. Jika menemukan sesegera mungkin diusahakan untuk membasminya dan memeriksakan diri ke dokter sebelum gejala lain menyerang dan bertambah parah.

Ujud Kelainan Kulit
Reaksi bagi kebanyakan orang yang pernah digigit kissing bugs atau serangan Triatoma ini hanya merasa tidak nyaman. Namun untuk sebagian kecil orang, bisa merasakan serangan kesakitan yang mencolok. Secara pasti, luka bekas gigitan yang tampak berbentuk menggerombol (bisa sampai 2 atau lebih) dalam satu lokasi di kulit. Kebanyakannya berlokasi di tangan, lengan, kaki, kepala dan anggota badan yang mudah dijangkau kissing bugs saat orang tidur telentang.(Ita-35)

Gejala Klinis:
1. Lesi. Ujud kelainan kulit ini berupa papula-papula/tonjolan-tonjolan kecil di kulit bekas gigitan serangga. Namun gigitan tersebut infiltrasi berlanjut ke jaringan limpha secara tidak khas. Jenis lesi ini sering menyerupai dan menyebabkan salah diagnosa sebagai herpes zoster.

2. Gelembung. Bisa juga berbentuk gelembung-gelembung kecil di kulit dengan diameter 2-3 cm biasanya dijumpai di tangan. Pada gelembung tersebut tidak tampak pusat tusukan namun luka yang tampak tersebut meradang dan bengkak. Kadang ada luka di bagian tubuh lain. Yang lebih parah, luka bisa berupa gelembung-gelembung berisi cairan atau darah.

3. Bentol besar. Lesi atau ujud kelainan kulit bisa berupa bentol besar dengan diameter 10-16 cm. Luka tusukan bisa tampak jelas oleh mata dan bisa tidak. Pada beberapa pasien bentuk lesi tersebut memerah atau meradang. Limpha bisa terserang pada kondisi yang parah.

4. Cairan/darah. Reaksi gigitan yang paling banyak adalah berupa lesi kulit berbentuk gelembung-gelembung kecil berisi cairan/darah, sering berlokasi di tangan dan kaki. Lesi yang banyak sering rancu dengan diagnosa erythema multiforme, namun gigitan Triatoma biasanya hanya terjadi pada satu sisi tubuh saja (hanya bagian kanan/kiri tubuh saja).

Jenis luka ini sering disamakan dengan bekas gigitan laba-laba. Limpha juga bisa terserang jika parah pada kondisi ini. Triatoma di Amerika bisa sebagai binatang vektor/perantara dari Chagas' disease (Trypanosomiasis) yang disebabkan oleh protozoa merugikan yang bernama Trypanosoma cruzi.

Mekanisme infeksi dari Chagas' disease tidak melalui gigitan dan menghisap darah seperti Triatoma namun malah melalui kontaminasi dari luka atau melalui material kotoran Triatoma yang mengandung protozoa tersebut. Kontak dengan mulut seseorang bisa terjadi pada saat makan atau setelah terjadi gigitan kemudian menggaruk dan tangan yang terkontaminasi kotoran protozoa tersebut langsung kontak dengan luka anggota badan lain.

Meskipun Triatoma telah dites positif mengandung Trypanosoma cruzi, tetapi Chagas' disease kurang mendapat perhatian. Karena Trypanosoma cruzi itu baru keluar setelah 20-30 menit Triatoma menggigit. Sampai saat ini insiden terjadinya Chagas' disease dinilai masih rendah oleh para ahli epidemiologi.

Namun demikian tetap perlu waspada terhadap kedua penyakit ini yang biasanya menginfeksi para imigran yang akan masuk ke suatu negara dan penyebaran/penularannya bisa melalui transfusi darah.(Ita-35) sumber : Suara MERDEKA




Aaaaa seriuss gue ngeri abis tau ga, abis baca itu berita.....
Tapi ya Allah semoga ga terjadi apa-apa ya Allah :")
Buat kalian semua yang udah baca, pokoknya harus hati - hati sama itu serangga okcuyy...

Sekian dulu deh ah share-shareannya, lain waktu sambung lagi ya, ok tatawww emuaaa.... :*

33 comments:

  1. aku barusan digigit bro dg serangga ini, sampai ku ga bisa tidur lg takut kebayang2 banyak darah setelah ku pencet tu serangga dg botol, hingga akhirnya ku browsing2 yg akhirnya baca artikelmu, bener bgt ternyata gigitannya sakit bgt,perih,gatal kyk luka bakar, 2x kumenemukan serangga ini dikamarku, padahal kamarku lumayan bersih lah.. yg pertama dulu waktu kumatiin ada sedikit darahnya,kupikir darah itu darahnya serangga sendiri,dan paginya kubersih2 kamar menemukan lg serangga itu,dan setelah kumatiin ga ada darahnya
    yg membuatku takut barusan,hingga sampai ku bener2 penasaran ma ini serangga, moga ga terjadi apa2 deh setelah ini, ku mau tidur diluar kamar aja sekarang, takut...hehhehehe

    BalasHapus
  2. serangga yang menyebalkan.. 2-3 hari gatalnya baru sembuh kalau udah ke gigit ni serangga..

    BalasHapus
  3. ini udah ketiga kalinya aq bangun n nemuin benjolan (bengkak yng lumayan besar, mungkin diameter 4-7cm). gak begitu gatel sih, cman ada rasa perih juga. hiks bengkak yang di kaki berasa perih klo jalan kaki. curiganya antara ada serangga yang bersembunyi dan menggigit waktu tidur ato alergi. tapi seumur2 aq gak pernah alergi makanan, pernahnya alergi dingin, itupun bentolnya biasanya bergerombol n banyak n gak ninggalin bekas. kayaknx malem ini aq harus berburu di kasur. thanx buat infonya yang membuat bulu kudukku merinding.

    BalasHapus
  4. apa ini gapapa?sembuhnya gimana ya?saya juga kena nih

    BalasHapus
  5. udah lima hari digigit serangga ini,,, belum sembuh2 gatelnya...

    BalasHapus
  6. udh 2 x nih jd korban nih serangga, plg parah waktu pertama x mpe gatel seluruh badan bahkan muka mpe ikut bengkak kya orang abis ditonjokin...

    BalasHapus
  7. Aku udh 2 minggu gatelnya ga ilang2 dibagian kaki, awalnya cuma 1, tapi makin lama makin banyak dan sekarang udh merambat sampai lutut paha, gimana cara ilangin gatelnya ini dan bekas lukanya sangat mengganggu . Mohon infonya.. :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue sering di gigit ini, jadi kalau hàbis digigit jangan di garuk, terus untuk menghilangkan gatalnya cukup dengan sendok yang dicelupin air panas Dan sendoknya ditempel ke bentolannya, lakukan berulang kali, memang nggak enak tapi ITU buat rasa gatalnya hilang, setelah ITU kasih saleb obat oles hidrocortisone. Lakukan begitu sampe 3 Kali sehari. Dua hari kemudian pasti membaik. Pokoknya kalau ngerasa gatel jangan digaruk Karena ITU buat bekasnya tambah parah dan langsung kamu kasih sendok panas ke bentolannya.

      Hapus
    2. Gue sering di gigit ini, jadi kalau hàbis digigit jangan di garuk, terus untuk menghilangkan gatalnya cukup dengan sendok yang dicelupin air panas Dan sendoknya ditempel ke bentolannya, lakukan berulang kali, memang nggak enak tapi ITU buat rasa gatalnya hilang, setelah ITU kasih saleb obat oles hidrocortisone. Lakukan begitu sampe 3 Kali sehari. Dua hari kemudian pasti membaik. Pokoknya kalau ngerasa gatel jangan digaruk Karena ITU buat bekasnya tambah parah dan langsung kamu kasih sendok panas ke bentolannya.

      Hapus
  8. Hahaha.
    Kalian gak pernah jemur kasur sih...
    Jadinya ys gitu deh. :-D

    BalasHapus
  9. Guys hati2 kalo kena gigitan serangga ini.semalam gua digigit 5 menit kemudian gua pingsan muntah2 oksigen di otak habis dikit...mata gelap hati2 guys tekanan darah jg turun bgt..pokoknya kalo ketemu kissing bug itu langsung bunuh aja..hati2 kalo tidur di cek dulu ya kasurnya..semoga bermanfaat share ini..thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. trus d kasih obat apa kak? kemarin aku jg gitu badan gatal2 nggak karuan, lemes, pengen mual dan diare.. trus di bawa k klinik, d kira keracunan/alergi makanan.. ternyata pas d check d tkp (kasur) ada serangga aneh, mungkin serangga itu yg d maksud
      sekarang badan udah enakan tapi d bagian lengan masih gatal minta ampun

      Hapus
  10. Ini dia serangganya yg gue cari2..gue lg tdur dr siang mpe sore..krn kepanasan pintu ama jendela gue buka lebar2..mlmnya sodara negur muka gue merah tp gue blg tdi tdur kepanasan aja ampe keringat. Tp besoknya muka udh bengkak trus ada gelembung2ny sperti luka bakar. Mata gue skrg udh setengah aja yg bisa ngliat..gue penasaran serangga apa yg gigit gue smpe bisa gini soalnya ga ada jejak sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue sering di gigit ini, jadi kalau hàbis digigit jangan di garuk, terus untuk menghilangkan gatalnya cukup dengan sendok yang dicelupin air panas Dan sendoknya ditempel ke bentolannya, setelah ITU kasih saleb obat oles hidrocortisone. Lakukan begitu sampe 3 Kali sehari. Dua hari kemudian pasti membaik.

      Hapus
  11. Obatnya apa dong..?
    Masa cuma kasih tau penyebabnya aja?
    Emang ngga ada yg sampe kw dokter ya?
    Biar informasinya jelas dan tuntas nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue sering di gigit ini, jadi kalau hàbis digigit jangan di garuk, terus untuk menghilangkan gatalnya cukup dengan sendok yang dicelupin air panas Dan sendoknya ditempel ke bentolannya, setelah ITU kasih saleb obat oles hidrocortisone. Lakukan begitu sampe 3 Kali sehari. Dua hari kemudian pasti membaik.

      Hapus
  12. Gw lgi duduk smbil mainin laptop.. nah bju gw yg blakang agak kebuka tuh gara gara duduk slonjoran.. kok berasa cekat cekit yah.. pas gw pegang kok gatel bngtt.. gw raba bentol nya gede bngt smpe ada 5.. nah gw bngun kaan.. tau nya tuh serangga ada di bangku gw.. kaget kan gw.. tpi gw masih ngga percaya klo tuh serangga yg gigit. Klo dulu nama nya kebo keboan di daerah gw. Gw kira tuh serangga ngga ngisep darah. Soal nya dulu di kbin bnyak di tnggal nya di daun. Nah skrng gw bru percaya nih tau nya dia yg gigit.. aslii gatell bngt. Ampe skrng bentol nya berbekas hitam gitu nih. Parah nih serangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue sering di gigit ini, jadi kalau hàbis digigit jangan di garuk, terus untuk menghilangkan gatalnya cukup dengan sendok yang dicelupin air panas Dan sendoknya ditempel ke bentolannya, setelah ITU kasih saleb obat oles hidrocortisone. Lakukan begitu sampe 3 Kali sehari. Dua hari kemudian pasti membaik.

      Hapus
  13. Gua lagi diem biasa main hp di kamar abang, gua ga kerasa kalo ada bentol ditangan kanan gua, pas diliat gila bentolnya gede banget ada 5 dong, gua kira digigit nyamuk, ahh paling juga nanti ilang ehh parahnya 2 hari udh lewat tetep aja ga ilang, malah tambah bintik-bintik kecil ditangan gua, ohmygod gatel banget tangan guaa:'( parah banget ni serangga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue sering di gigit ini, jadi kalau hàbis digigit jangan di garuk, terus untuk menghilangkan gatalnya cukup dengan sendok yang dicelupin air panas Dan sendoknya ditempel ke bentolannya, setelah ITU kasih saleb obat oles hidrocortisone. Lakukan begitu sampe 3 Kali sehari. Dua hari kemudian pasti membaik.

      Hapus
  14. Gw juga pernah ngalamin waktu kerja di pedalaman yang notabene masi banyak hutan tapi ga nemu serangga yang gigit gw, gw kirain digigit nyamuk..Memang awalnya gatal dan perih..Gw sedikit garuk dan usap2 takut berbekas tapi kontinue..Kebetulan waktu itu tidak ada minyak kayu putih atau balsem..Ehh bentolnya membesar dan menjadi hitam..Sampai sekarang uda sekitar 6 -7 bulan bentolnya kagak hilang dan masih hitam mengkilat tapi memang tidak gatal lagi..Gw pergi ke dokter kulit katanya itu penyakit karna digigit serangga..Nama penyakitnya gw lupa apaan..Katanya itu reaksi tubuh karna gigitan serangga itu sehingga sel2 kulit membelah lebih banyak menyebabkan bentolan besar dan menebal ( menghitam ), satu2nya cara ngilanginnya dibedah di kamar operasi meskipun bentolnya kecil kayak kutil..Tapi kata dokternya kalo tidak mengganggu2 amat biarkan saja kecuali dengan alasan estetika..Disamping itu dengan cara operasi tidak menjamin akan tidak timbulnya keloid ( jaringan parut ) bekas operasi..Setelah gw search di internet ternyata apa kata dokternya memang benar..Saran gw buat yang baru ngalamin jangan digaruk cepat2 diolesin minyak tawon atau minyak kayu putih atau balsem ( itu info yang gw dapat dari penduduk setempat ) mudah2an tidak menjadi separah gw bentol hitam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue sering di gigit ini, jadi kalau hàbis digigit jangan di garuk, terus untuk menghilangkan gatalnya cukup dengan sendok yang dicelupin air panas Dan sendoknya ditempel ke bentolannya, setelah ITU kasih saleb obat oles hidrocortisone. Lakukan begitu sampe 3 Kali sehari. Dua hari kemudian pasti membaik.

      Hapus
  15. Oya satu lagi saran gw kalo nemu itu serangga dan anak2nya cepet2 dimatiin sebelum dia menggigit lagi..

    BalasHapus
  16. Oya satu lagi saran gw kalo nemu itu serangga dan anak2nya cepet2 dimatiin sebelum dia menggigit lagi..

    BalasHapus
  17. Aku baru pindahan kontrakan, pas seminggu pertama baik baik aja, sampai minggu ke dua, aku sama adikku digigitin itu serangga, aku garukin mulu jd ga ilang ilang bekasnya, kasur udh aku jemur semua, masih juga Setiap bangun tidur nambah mulu ini benjolan dimana mana, cara membasmi serangganya pake apasih? Aku udh nyoba jemur kasur, cuci semua sperei bantal guling kasur, masih aja tiap bangun benjolannya mambah, Share yah bagaimana membasmi ini serangga. Makasi

    BalasHapus
  18. gue semalem di gigit sama nih serangga sampe sebadan gatal-gatal dan saya langsung ke dokter jam 1 pagi gara-gara serangga itu, saya di kasih 2 macam obat 1. lameson 4 mg diminum 3x1, 2. ritez 10 mg diminum 2x1, awalnya sebelum ke dokter saya sempat mual juga gatelnya sampai ke lidah, setelah saya minum obat dari dokter gatalnya hilang. yah walaupun bentolnya masih ada tapi paling engga gatelnya hilang. terus kalo mau lebih cepet hilangnya itu sama dokter di saranin buat di suntik.

    BalasHapus
  19. Cara mengobati nya gimana ya ka?😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara mengobatinya si menurut ane di kompres air hangat yang udh dicampur garem biar kempes dan ngilangin gatel trus pake salep

      Hapus
  20. Finally anak gw di gigit ini seangga, dari cerita nya sama bgt sama bentol2 di area jidat dan pipi anak gw..
    jadi dendam sama itu serangga, awas aja ampe ketemu gw injek2 ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak q jga ni skarang lgi q kasik kaladin. Lumayan buat ngilangin rasa gatelnya jdi dia bisa tidur nyenyak deh.
      Tpi serangganya lom ketemu.
      Soalnya q bru tau lo kyak gini serangganya, ini udh ke sekian kalinya anak q di gigit. besok q carik deh ni serangga...
      Awas lo ketemu...

      Hapus
    2. Anak q jga ni skarang lgi q kasik kaladin. Lumayan buat ngilangin rasa gatelnya jdi dia bisa tidur nyenyak deh.
      Tpi serangganya lom ketemu.
      Soalnya q bru tau lo kyak gini serangganya, ini udh ke sekian kalinya anak q di gigit. besok q carik deh ni serangga...
      Awas lo ketemu...

      Hapus
  21. Saia juga habis di kiss ni serangga, efeknya alergi langsung sekujur badan bentol nya ya ammmppunnn, muka juga bengep bengep. Akhirnya memutuskan harus ngapelin stetoskop pak dokter, dan saia akhirnya dijuss sama jarum suntik. Untung cepat ditangani, jadi gak sampe beduk2 lagii dech garukkk garukkk gatal nyeri

    BalasHapus
  22. ni aq kena KB sudah sebulan..sampe nyeri kepersendian..ke dokter sudah 3x..habis obat nyeriii lagi..sampe gak bisa jalan..
    pencerahan doong obatnya apa..sma dokter dikasih anti nyeri dan anti alergi...sediiiih bgt

    BalasHapus