Senin, 01 Oktober 2012

MIGRASI


NPM   : 14112080
Kelas : 1KA37
Nama  : Khanty Dwi Ichtyantri



Migrasi

Migrasi merupakan bagian dari mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. Mobilitas penduduk ada yang bersifat nonpermanen (sementara) misalnya turisme baik nasional maupun internasional, dan ada pula mobilitas penduduk permanen (menetap). Mobilitas penduduk permanen disebut migrasi. Migrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu tempat ke tempat lain dengan melewati batas negara atau batas administrasi dengan tujuan untuk menetap.

Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Dalam mobilitas penduduk terdapat migrasi internasional yang merupakan perpindahan penduduk yang melewati batas suatu negara ke negara lain dan juga migrasi internal yang merupakan perpindahan penduduk yang berkutat pada sekitar wilayah satu negara saja.

Migrasi dibagi menjadi 2 macam yaitu :

1)      Migrasi Internasional, migrasi ini terdiri dari 3 macam yaitu :
a)      Imigrasi     = Masuknya penduduk ke suatu Negara.
b)      Emigrasi    = Keluarnya penduduk ke negara lain.
           c)      Remigrasi  = Kembalinya penduduk ke Negara 

2)      Migrasi Nasional, migrasi ini terdiri dari 4 macam yaitu :
a)      Urbanisasi              = Dari Desa ke Kota.
b)      Transmigrasi          = Dari Pulau ke Pulau.
c)      Ruralisasi               = Dari Kota ke Desa.
d)     Evakuasi                = Dari tempat tidak aman ke tempak yang aman.



Proses Migrasi.

Dengan adanya wilayah yang memiliki suatu nilai lebih, maka banyak orang/ penduduk yang akan pergi ke wilayah itu dikarenakan di wilayah ia tinggal sudah tidak ada lagi nilai lebihnya untuk kelangsungan hidupnya.


Migrasi memiliki 2 proses yaitu :
1.      Migrasi Bertahap
2.      Migrasi Langsung


Proses migrasi pun punya cara yaitu:
  • Proses migrasi ia menetap di suatu wilayah.
  • Proses migrasi hanya sementara diwilayah itu sewaktu-waktu ia dapat kembali lagi ke wilayah tempat asalnya.
  • Hanya sekedar berlibur diwilayah itu.
  • Proses keberangkatan migrasi bisa dilakukan dengan cara-cara tertentu misalkan kalau imigran hanya satu orang bisa melakukannya dengan naik sepeda motor, kalau imigran dengan banyak orang satu keluarga maka bisa melakukannya dengan naik kendaraan roda empat atau juga naik kapal laut itulah yang biasa dilakukan imigaran dalam melakukan migarasi di Negara Indonesia.


Tahun pun makin lama makin berlaju dan proses imigrasi pun menjadi sangat lebih pesat dan perubahan yang terjadi dari mulai tahun yang lalu higga tahu ini sangatlah banyak, pada tahun ini tercatat banyak sekali imigran illegal/gelap yang tidak mendaftarkan dirinya pada sensus penduduk pada kota asalnya, semua itu terjadi begitu saja tanpa adanya rasa kesadaran maka makin lama akan terjadi kepadatan penduduk dan akan susah ditangani dikarenakan susahnya mendata para imigran.

Akibat dari Migrasi.

Dengan adanya wilayah yang memiliki suatu nilai lebih maka banyak orang atau penduduk yang ingin pergi ke wilayah itu, dikarenakan wilayah dimana ia tinggal sudah tidak ada lagi nilai lebihnya untuk kelangsungan hidupnya dan migrasi pun mempunyai dampak-dampaknya juga.

Dari semua faktor-faktor seperti kesehatan, ketidak nyamanan, wilayah, ekonomi, susah lahan pekerjaan, bencana alam,dan sosial budaya maka penduduk pun akan berpikir untuk segera melakukan migrasi ketempat yang menurut ia nyaman dan semua itu demi kelangsungan hidupnya

Seiring waktu berjalan kota yang diserbu para imigran pun padat maka timbul lah akibat-akibat dari imigrasi, kebanyakan migrasi di Indonesia tidak terkendali dikarenakan kurangnya data pada proses migrasi karena imigran banyak yang melakukan imigrasi iliegal

Berikut ini akibat yang timbul dari migrasi yaitu :
  • Akan terjadi pertikaian didalam suatu kota yang banyak imigran dikarenakan banyaknya orang yang bersuku tidak sama, perbedaan sosial budaya, pola pikiran yang tidak sepaham, adab tutur kata yang tidak sama, dan memandang suatu nilai orang.
  • Akan cepat terjadi bencana alam, karena apabila imigran datang tentu saja mereka mencari tempat tinggal, maka lahan penghijauan pun menjadi sasaran untuk dibuat perumahan sehingga untuk resapan air pun berkurang sehingga akan terjadi bencana alam banjir dan juga wabah penyakit.
  • Kesehatan menjadi harga yang lebih mahal di dalam kota migrasi karena, makin banyak imigran yang datang membawa kendaraannya dan elektronik yang mempunyai radiasi dan polusi.
  • Area perkuburan yang makin sempit dikarenakan lahan yang letaknya seharusnya menjadi area pemakaman justru dibuat mall, jalan raya besar, dan juga fasilitas prasarana lainnya.
  • Lahan pekerjaan yang sempit karena banyaknya orang yang mau menetap di kota migrasi dengan mencari uang tetapi sudah banyaknya lahan pekerjaan yang diambil orang dan juga peluang bisnis yang area penjualannya sangat sempit.



Sumber :
  • http://kodimsblog.blogspot.com/2010/04/jenis-jenis-migrasi-dan-faktor-faktor.html
  • http://kasihdalamkata.blogspot.com
  • http:// mosiolog.blogspot.com 



0 comments:

Posting Komentar