Sabtu, 16 November 2013

Cita-Cita Membangun Suatu Organisasi (Yayasan)

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu…


Nama saya Khanty Dwi Ichtyantri, sekarang saya duduk di bangku perkuliahan di Universitas Gunadarma domisili Kalimalang. Saya memiliki suatu harapan serta cita-cita dimana saya ingin membuat suatu organisasi berupa yayasan yang bernama Yayasan Baariq Ardzako, Baariq yang memiliki arti bersinar, pencahayaan, menerangi, sedangkan Ardzako adalah nama keluarga saya, dengan harapan menjadi Yayasan yang mampu bersinar dan bermanfaat untuk umat manusia. Yayasan ini bergerak dalam bidang pendidikan dengan membangun sekolah gratis untuk anak-anak jalanan dan anak-anak yang tidak mampu untuk bersekolah.
Tujuan dari Yayasan ini yaitu untuk menangani dan membantu mereka para anak-anak jalanan dan anak-anak yang tidak mampu agar bisa bersekolah layaknya anak-anak yang memiliki hak untuk mengenyam pendidikan. Mungkin banyak diluar sana anak-anak jalanan yang terpaksa untuk berhenti sekolah karena tidak adanya biaya yang dimiliki oleh orang tua mereka, bahkan banyak anak-anak jalanan yang tidak di perbolehkan orang tuanya untuk bersekolah dan mereka di ajak mengamen bahkan mencari barang rongsokkan hanya untuk mendatangkan uang. Belum sepantasnya mereka yang masih kecil harus mencari uang demi mencukupi kebutuhannya, seharusnya mereka pergi kesekolah, belajar dengan giat agar menjadi generasi yang berguna untuk bangsa ini.
Saya ingin sedikit bercerita mengenai apa yang saya lihat, ketika jam istirahat perkuliahan saya bersama teman-teman saya pergi ke kantin sebelah kampus untuk makan siang dan menikmati semangguk soto betawi yang di jual ibu-ibu kantin. Ketika sedang asik makan sembari bergurau dengan teman yang lain, saya melihat di sebelah kiri saya ada 2 anak kecil sedang melihat tempat sampah hanya untuk mencari botol dan plastic bekas, dan salah satu diantara anak itu melihat kearah saya sambil menunjukkan muka lesunya, mungkin karna melihat kami yang sedang asik menyantap makanan yang tersedia. Tertiba saya langsung berpikir, apa anak ini belum makan ?. Pada saat itu saya ingin sekali mengajak 2 anak itu untuk makan bersama tapi jujur rasa takut dan malu menghinggap di diri saya, saya takut teman-teman mencemooh saya atau menggap saya sebagai orang yang sok dermawan. Tertiba satu anak yang mencari botol itu pergi dan anak yang tadi melihati kami pun ikut pergi. Dan salah satu teman saya berkata “Ya Allah, kasian anak itu. Kita bantu yuk kasih mereka uang..” saat itu perasaan menyesal muncul di diri saya, kenapa saya harus jadi orang yang takut dan pemalu padahal teman saya pun merasakan apa yang saya rasakan. Saat itu saya bersama teman yang lain langsung mencari anak yang tadi untuk membernya uang, tapi ke dua anak tersebut sudah menghilang. Semakin besar rasa bersalah saya, sedih karena saya tidak bisa membantu anak-anak itu. Ini lah yang menjadi alasan saya ingin membangun yayasan berupa sekolah gratis ini, saya ingin membantu mereka dan anak-anak yang lain agar mereka bisa merasakan dunia pendidikan, dan tidak harus menjadi anak jalanan yang mencari barang bekas atau menjadi pengamen di jalan.
Dalam yayasan ini saya ingin mengajak teman-teman yang bersukarela menjadi relawan untuk menyumbangkan waktu, ilmu serta tenaganya untuk mengajar para anak-anak jalanan ini. Dan mengajarkan mereka mengenai agama islam, seperti shalat, mengaji, belajar bahasa arab dan menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya.
Bagi mereka anak-anak jalanan yang usianya di atas 17 tahun akan di ajarkan keterampilan-keterampilan mengenai usaha-usaha kecil dan ilmu berwirausaha yang nantinya bisa mereka manfaatkan untuk membantu orang tua mereka dalam mencari nafkah, setidaknya tidak membantu dengan mengamen bahkan mencari barang rongsokkan. Saya yakin dari sekian banyak anak-anak jalanan pasti banyak di antara mereka yang memiliki keahlian bahkan keterampilan yang memang terpendam dalam diri mereka, karena faktor ekonomi lah yang membuat mereka tidak bisa mengembangkan keterampilan yang mereka miliki. Oleh karena itu melalui yayasan ini saya ingin mencoba untuk sedikit membantu anak-anak jalanan ini mengembangkan keterampilan yang mereka miliki, dan saya ingin mencoba mengurangi angka kebodohan yang disandang oleh Indonesia dan menghasilkan para generasi-generasi bangsa yang lebih baik. Aamiin
Mungkin itu gambaran dari organisasi yang ingin saya dirikan suatu hari nanti, Insya Allah saya ingin cita-cita dan harapan saya itu bisa terealisasikan dengan niat, doa, serta usaha serta kerja keras yang saya gapai agar yayasan tersebut bisa berdiri dan dapat membantu anak-anak jalanan yang memang tidak bisa merasakan dunia pendidikan. Semoga Allah memberikan jalan agar harapan dan cita-cita saya terwujud, Aamiin Aamiin Ya Rabbalallamiin…..

0 comments:

Posting Komentar