PROGRAM
GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL
Tugas : Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Nama : Khanty Dwi Ichtyantri
Nama : Khanty Dwi Ichtyantri
NPM : 14112080
Kelas : 3 KA 26
Nam
saya Khanty Dwi Ichtyantri. Disini saya akan mencoba menjelaskan tugas Mata
Kuliah Grafik Komputer dan Pengolahan Citra tentang cara membuat Garis
Vertical, Horizontal dan Diagonal dengan menggunakan Bahasa Pemrograman C++ dan
memakai Library dari OpenGL yaitu Glut.h . Untuk pembuatan ketiga garis ini berikut
langkah dan cara yang saya lakukan.
·
Pertama siapkan
terlebih dahulu program Dev C++, jika belum ada bisa di download secara free
kemudian install terlebih dahulu
·
Jika sudah buka
tampilan layar dev c++, kemudian masukkan Package yang diperlukan (Glut.h),
dengan cara klik Tool pada menubar, lalu pilih Package Manajer
·
Lalu muncul
tampilan package manajer, klik install, lalu pilih library yang akan dimasukkan
(glut-3.7.6-bin) ditempat anda menyimpan library tersebut, jika sudah lalu
pilih Open, akan muncul tampilan penginstallan.
·
Pilih Install
dan tunggu sampai proses penginstallan selesai, kemudian Finish. Berarti
package selesai di install
·
Kemudian untuk
membuat program, pilih File >> New >> Projek
·
Kemudian muncul
tampilan kotak New Projek. Disini saya memilih Console Application, kemudian
masukkan nama file sesuai keinginan, disini sama menyimpan dengan nama Tugas,
lalu OK
·
Kemudian muncul
layar kodingan, dan sudah bisa mengetikkan kodingan garis pada tampilan
main.cpp tersebut
·
Inilah Koding
yang saya gunakan untuk membuat 3 garis tersebut :
Berikut Keterangan
Logika dari Program diasat :
o Sintak include digunakan untuk memanggil semua file Header yang
dibutuhkan dalam pembuatan program, iostream sebagai input dan output sedangkan
glu,glut,gl berguna agar program dapat menggunakan statement-statement OpenGL.
o Kemudian Void Vertikal, Void Horizontal dan Void Diagonal adalah
function yang digunakan untuk menjalankan program ketika user menginput pada
tampilan nilai menu.
o cout berfungsi untuk mencetak dan menampilkan string atau
kalimat yang berada didalam tanda petik dua.
o Cin digunakan untuk membaca yang menyimpan suatu nilai variabel,
dimana variabel adalah cin >> a, setelah tanda >> adalah
sebuah variabel.
o glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); Digunakan untuk membersihkan layar
latar belakang dengan warna hitam.
o glPushMatrix (); Digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
o glColor3f (1.0,1.0,1.0); Digunakan untuk menentukan warna
garis/titik.
o glBegin (GL_LINES); Digunakan untuk menggambar garis dari titik.
o glVertex3f (x+0.5,a+0.5,0.0); Digunakan untuk menentukan titik
awal.
o glVertex3f (x+0.5,b+0.5,0.0);Digunakan untuk menentukan titik
awal.
o glEnd (); Digunakan untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir.
o glPopMatrix (); Digunakan untuk membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
o menu :
int
a;
cout<<"MENU \n";
cout<<"1. Garis Vertikal
\n";
cout<<"2. Garis Horizontal
\n";
cout<<"3. Garis Diagonal
\n";
cout<<"4. Exit \n";
cout<<"Masukkan Pilihan Anda
[1..4} : "; cin>>a;
cout<<"\n";
sintak diatas, menjelaskan bentuk tampilan menu dimana pilihan
menu hanya sampai pada angka 4, menu: menunjukkan sebuah label yang bernama
menu, int a menunjukkan sebuah variabel bertipe data integer atau angka yang
bernama a, kemudian cout berfungsi untuk mencetak dan menampilkan string atau
kalimat yang berada di daam tanda kutip 2. Cin digunakan untuk membaca yang
menyimpan suatu nilai variabel, dimana variabel bernama a
o switch(a)
{
case 1:
glutDisplayFunc(Vertikal);
glutMainLoop();
return 0;
case 2:
glutDisplayFunc(Horizontal);
glutMainLoop();
return 0;
case 3:
glutDisplayFunc(Diagonal);
glutMainLoop();
return 0;
case 4:
break;
return 0;
default:
cout<<"Pilihan
Anda Salah \n \n"; goto menu;}
Statementt switch digunakan untuk melakukan
pemilihan ekspresi atau kondisi yang memeiliki nilai-nilai konstanta. Digunakan
dalam pembuatan tampilan menu. Pada sintak ini pemilihan kondisi dari switch
akan di simpan pada variabel a. case 1 atau pilihan 1 akan memanggil dan
menampilkan function dari program vertical, case 2 akan memanggil function
garis Horizontal, case 3 atan menampilkan function garis Diagonal, case 4 atau
pilhan 4 menunjukkan bahwa program break atau melompat keluar dari statement
switch program. Default berfungsi
untuk pilihan variable yang tidak ada atau pilihan case yang tidak ada maka akan
dijanlankan fungsi default ini, dan akan menampilkan kalimat “Pilihan Anda
Salah”, kemudian break atau program akan keluar dari statement switch dan
menuju label menu
o
} Tanda kurung ini digunakan untuk menutup
pengetikkan sintaks switch
·
Untuk menjalankan
program, compile terlebih dahulu program untuk memastikan bahwa tidak ada file
yang error. Dengan menekan tombol ctrl + f9 atau bisa dengan mengklik execute
pada menu bar lalu bilih compile. Jika program berhasil maka compile done atau
sukses
·
Kemudian pilih
run untuk jalankan program, atau bisa langsung menjalankan namafile.exe
(Tugas.exe) sesuai dengan nama yang anda simpan sebelumnya. Maka akan muncul
tampilan seperti dibawah in :
·
Pilih salah-satu
inputan
·
Untuk pilihan 1
(Garis Vertikal) memiliki syarat bahwa nilai Y awal harus sama dengan X tetap,
berikut tampilannya:
·
Untuk pilihan 2
(Garis Horizontal) memiliki syarat bahwa nilai X awal harus sama dengan Y
tetap, berikut tampilannya:
·
Untuk pilihan 3
(Garis Diagonal) memiliki syarat bahwa Nilai X0 dan Y0 harus bernilai 0
sedangkan untuk X1 dan Y1 Harus diisi dengan nilai selain 0 sebagai derajat
pembuat garis.
·
Jika menginput
angka 4, maka program akan berhenti atau berakhir
·
Jika menginput
selanai angka 1 sampa 4 maka program aka menampilkan tampilan :
FILE BISA DI LIHAT DAN DI DOWNLOAD PADA : https://drive.google.com/file/d/0B5GC1b7lpPetY1pYTjBPcVJ5MFU/view?usp=sharing
SEMOGA BERMANFAAT, TERIMAKASIH ^_^
ijin sharing ilmu OpenGL, untuk tingkat pemula hingga tingkat mahir, source code program disediakan dan dapat didonwload
BalasHapushttp://heriadyblog.blogspot.co.id/2015/12/belajar-visual-c-game-programming-opengl.html
Anda sepertinya saalah blog Bro
BalasHapus