Sabtu, 17 November 2012

Karangan ~ Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

KARANGAN~
Nama   : Khanty Dwi Ichtyantri
NPM    : 14112080
Kelas    : 1KA37


Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Dijaman globalisasi ini, banyak sekali kemajuan di bidang Ilmu pengetahuan dan Teknologi. Tidak tanggung tanggung loh, kemajuan yang terjadi sangat begitu pesat dan cepat. Lihat saja, akhir akhir ini banyak sekali gadget gadget baru yang bermunculan dan menjadi bahan bahan perlombaan bagi siapa pun yang ingin memilikinya.
Coba deh bayangkan kembali beberapa tahun lalu. Jaman dulu tuh gak ada yang namanya Ipad, Tab, Blackberry, Android, dan gadget baru lainnya. Dulu yang namanya computer pun jarang ditemui hanya orang-orang tertentu yang mempunyai computer. Apalagi Handphone, jarang banget orang punya benda ini. Mungkin yang ada hanya telephone rumah dan itu pula hanya beberapa orang yang mempunyainya.
Ngomong ngomong masalah Ilmu Pengetahuan dan teknologi, jadi inget waktu masih Sekolah Dasar. Pertama kali belajar komputer itu kelas 2 SD. Jujur ya yang namanya dulu tuh sama sekali gak tau dan gak ngerti cara memakainya tuh seperti apa. Dan pertama kali masuk pelajaran itu, aku cuma bisa diam terbelengu. Mungkin memang karena masi pemula ya.. lagi pula aku masih kecil belum ngerti apa-apa. Hihi
Ketika aku duduk di bangku kelas 5 SD, orang tuaku membelikan seperangkat alat komputer untuk dipergunakan oleh aku dan kakakku. Pertama kali punya komputer Pentium III tapi aku lupa mereknya apa. Pada saat itu aku jarang menggunakan komputer karna aku memang tidak terlalu bisa menggunakan komputer itu paling hanya bisa digunakan untuk mengetik dengan Ms.Word.
Ketika aku SMP bapakku menjual komputer lamanya dan membeli komputer baru yang berPentium IV. Saat aku SMP pertama kalinya aku menyukai pelajaran TIK disekolah. Karena sering banyaknya tugas yang harus di cari di internet, aku sering sekali bulak balik ke warnet dekat rumah. Mungkin karena melihat aku sering bulak balik warnet bapakku memasang internet melalui kabel telephone rumah atau yang biasa di kenal speedy. Ohiya saat SMP juga saat pertama kalinya aku diperbolehkan dan diberikan Handphone untuk sendiri. Memang jaman aku smp itu memang sudah masuk jamannya globalisasi. Banyak diantara teman-temanku yang memiliki handphone. Dan handphone pertama ku bermerek Sony Ericsson tipe k300i.



Karena seringnya handphone ini jatuh, makin lama ia tidak bisa bertahan dan akhirnya rusak. Untungnya orangtuaku pengertian hihi, akhirnya di belikan handphone lagi, dan karena seringnya rusak aku sering gunta ganti handphone.
Balik lagi ke masalah komputer yuk..
Saat SMP komputer itu menjadi barang yang selalu aku singgahi saat pulang sekolah maupun saat aku libur sekolah. Dan karena adanya internet di rumah aku sering sekali membuka media social yang saat itu terkenal yaitu Friendster dan Facebook. Atau hanya untuk mencari tugas sekolah yang harus di cari melalui internet. Karena kemajuan teknologi yang terus mengikuti jaman, sampai-sampai di sekolah pun menggunakan media komputer saat belajar mengajar, contohnya saat aku beljar pelajaran fisika disekolah, sering kali guru disekolah menggunakan komputer dan proyektor sebagai media pembelajaran, baik dengan menonton video pembelajaran atau dengan menggunakan power point saat menerangkan kepada murid-muridnya, mungkin agar guru tidak selalu mencatat di papan tulis, makanya selalu menggunakan komputer dan proyektor.
Karena kesukaan ku dengan komputer, sampai-sampai aku memutuskan unutk melanjutkan sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK dengan program studi Rekayasa Perangkat Lunak. Awalnya dilarang untuk masuk SMK oleh orang tuaku, karena mereka menginginkan aku masuk SMA agar bisa menjadi seorang bidan. Namun aku tetap bersikeras untuk masuk SMK. Dan akhirnya orangtuaku mengijinkan aku untuk melanjutkan pendidikan di SMK.
Awalnya ketika aku mengikuti pelajaran kejuruan masih sedikit kaku dan bingung, kerena aku memang tidak terlalu memahami komputer. Tapi seiring dengan berjalannya waktu makin lama aku makin mengerti dan mengetahui apa fungsi komputer, apa yang ada di dalam komputer apa fungsi perangkat komputer dan semua yang mengenai komputer. Jurusan saat aku sekolah lebih ke arah pembuatan software atau yang berbasis perangkat lunak. Tetapi tetap tidak meninggalkan pengetahuan mengenai perangkat keras atau HardWare.
Saat SMK bapakku membelikan laptop agar bisa dipergunakan disekolah. Karena di Lab kejuruan banyak komputer yang rusak, mungkin karena keberatan aplikasi atau karena banyak virus yang menyerang, makanya aku kadang membawa laptop kesekolah. Bukan hanya di saat pelajaran kejuruan saja, tetapi saat pelajaran yang yang membutuhkan laptop misalnya untuk presentasi. Tidak hanya membawa laptop tetapi juga membawa modem. Saat itu sudah banyak sekali modem dengan berbagai merek menawarkan berbagai kelebihan, baik dari kecepatan dan lain-lainnya. Ya walaupun sebenarnya banyak wifi disudur sekolah tapi tetap saja harus membawa modem, karena kecepatan wifi di sekolah tidak terlalu meyakinkan. Bahkan kadang banyak wifi yang mati.
Ketika disekolah ada tugas mendadak dan mengharuskan mencari informasi melalui internet, tapi sayagnya tidak ada seorang pun yang membawa laptop di kelas, maka kami semua akan berebutan menggunakan komputer yang ada di perpustakaan sekolah. Dan jika internet di sekolah sedang RTO (Request Timing Out) aku dan teman sekelas akan beralih ke Handphone untuk mencari informasi. Dan karena sering menganggap remeh suatu tugas karena mudah, tinggal di search atau di cari di google, kadang aku menunda-nunda tugas terebut, ya dan menyebabkan aku maes untuk mengerjakan tugas tersebut, dan akhirnya tidak kelar dalam waktu satu hari untuk mengerjakan tugas, karena banyaknya informasi yang didapat dari internet yang berasal dari berbagai sumber.
Sampai saat ini aku duduk di bangku perkuliahan aku tetap mengambil jurusan yang berhubungan dengan komputer atau teknologi. Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, makin banyak pula ilmu ilmu dan pengetahuan baru yang aku dapatkan.
Kita kembali kemasa dan jaman ini. Sudah banyak orang yang mengenal dan mengetahui berbagai media social dengan menggunakan gadget yang mereka miliki. Diluarsana banyak para remaja bahkan anak kecil yang mampu menggunaka gadget gadget keluaran baru. Bahkan anak SD sekarang sudah banyak yang membawa handphone kesekolah, padahal jaman saya memakain handphone saja saat duduk di bangku SMP.
Dengan berkembangnya Ilmu pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat maka makin bermanfaat juga bagi semua orang, baik untuk informasi dan komunikasi. Tapi ada juga sisi buruk dari perkembangan Ilmu pengetahuan dan Teknologi. Maka dari itu gunakanlah dan manfaatkanlah dengan baik Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berkembang saat ini. Jangan jadikan perkembangan dan kemajuan menjadikan kalian semua malas untuk melakukan hal baik dan bermanfaat.


0 comments:

Posting Komentar